PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN

Selamat bergabung di Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau. kami memberikan pendidikan terbaik bagi seluruh mahasiswa kami, semoga ananda bisa memaksimalkan pendidikan ananda semua. Wassalam
Jeki Algusri, SE., MM
Ketua Program Studi

Sejarah Singkat

Program Studi Ekonomi Pembangunan berdiri pada tanggal 05 Juni 2008 dengan nomor SK 94/D/O/2008. Dalam perjalanannya, Program Studi ini telah berhasil meraih akreditasi Program Studi B dengan nomor SK:  1575/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016. Sumber Daya Manusia yang tersedia sebagai tenaga pengajar (dosen tetap) telah mampu men support pelaksanaan teknis akademik maupun non akademik sesuai dengan bidang keahlian konsetrasi yang ada di Program Stdudi yaitu: Ekonomi Moneter, Perencanaan Pembangunan dan Ekonomi Kependudukan.

Visi Program Studi

Menjadikan Program Studi Ekonomi Pembangunan UMRI sebagai lembaga pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan Sarjana Ekonomi Pembangunan yang profesional dan berkompetensi di bidang Ekonomi Pembangunan yang menguasai IPTEKS berlandaskan pada Al-Islam Kemuhamadiyahan di tingkat Nasional Tahun 2022 dalam rangka menunjang visi Universitas yang unggul di tingkat Asia Tenggara Tahun 2030

Misi Program Studi

  • Menyelenggarakan pendidikan bidang Ekonomi Pembangunan yang berkualitas dalam pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang menguasai IPTEK dan berlandaskan Al-Islam Kemuhammadiyahan.Mewujudkan peningkatan mutu pembelajaran berdasarkan pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Problem Based Learning (PBL), Student Center Learning (SCL) dan Contextual Teaching Learning (CTL).
  • Mewujudkan lulusan yang bermarwah dan bermartabat berlandaskan iman dan takwa serta menguasai IPTEKS, kreatif, inovatif, bertanggung jawab dan berjiwa wirausaha.
  • Mewujudkan peningkatan dan optimalisasi mutu pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab Community Social Responsibility PS EP yang berbasis ekonomi dan berlandaskan pada Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  • Mewujudkan peningkatan dan optimalisasi mutu kompetensi mahasiswa sehingga akan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan daya saing (komparatif dan kompetitif) yang dilandasi oleh azas kemandirian.
  • Mewujudkan peningkatan dan optimalisasi mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berlandaskan kredibilitas profesional, akuntabel, bertanggung jawab dan berkeadilan.
  • Mewujudkan peningkatan dan optimalisasi mutu manajemen program studi berlandaskan kredibilitas profesional, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan berkeadilan yang didasarkan kepada sistem penjaminan mutu perguruan tinggi.
  • Mewujudkan pembiayaan pendidikan, sarana, prasarana dan sistem informasi yang mendukung peningkatan dan optimalisasi mutu proses pembelajaran sesuai dengan standar pelayanan minimum.

Tujuan Berdiri

  • Terselenggaranya pendidikan bidang Ekonomi Pembangunan yang berkualitas dalam pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang menguasai IPTEK dan berlandaskan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

  • Terwujudnya peningkatan mutu pembelajaran berdasarkan pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Problem Based Learning (PBL), Student Center Learning (SCL) dan Contextual Teaching Learning (CTL).

  • Terwujudnya lulusan yang bermarwah dan bermartabat berlandaskan iman dan takwa serta menguasai IPTEKS, kreatif, inovatif, bertanggung jawab dan berjiwa wirausaha.

  • Terwujudnya peningkatan dan optimalisasi mutu pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab Community Social Responsibilty PS EP yang berbasis ekonomi dan berlandaskan pada Al-Islam Kemuhammadiyahan.

  • Terwujudnya peningkatan dan optimalisasi mutu kompetensi mahasiswa sehingga akan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan daya saing (komparatif dan kompetitif) yang dilandasi oleh azas kemandirian.

  • Terwujudnya peningkatan dan optimalisasi mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berlandaskan kredibilitas profesional, akuntabel, bertanggung jawab dan berkeadilan.

  • TerwujudnyA peningkatan dan optimalisasi mutu manajemen program studi berlandaskan kredibilitas profesional, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan berkeadilan yang didasarkan kepada sistem penjaminan mutu perguruan tinggi.

  • Terwujudnya pembiayaan pendidikan, sarana, prasarana dan sistem informasi yang mendukung peningkatan dan optimalisasi mutu proses pembelajaran sesuai dengan standar pelayanan minimum

  • 2008 – 2012 – NENG MURIALTI, SE., M.Si 
  • 2012 – 2016 – DWI WIDIARSIH, SE., M.Sc
  • 2016 – 2019 – MUHAMMAD HIDAYAT, SE.M.Si
  • 2019 – Sekarang – JEKI ALGUSRI, SE., MM

 

1DWI WIDIARSIH, SE., M.Sc1011068302
2JEKI ALGUSRI, SE., MM1009089002
3M. FIKRY HADI, SE., M.Si1010018103
4MIZAN ASNAWI, SE., M.Ec.Dev1001098002
5MUHAMMAD HIDAYAT, SE., M.Si1008028702
6NENG MURIALTI, SE., M.Si1017107304
7RANTI DARWIN, SE., ME1010108901
Profil Lulusan Deskripsi Profil (Kemampuan & Kompetensi)  Lulusan Program Studi Profil  Umum Lulusan UMRI
Research and developmen economic regional Mampu melakukan penelitian dan pengembangan untuk kepentingan komersial dalam hal riset ekonomi dan pengembangan aplikatif di bidang perencanaan ekonomi regional yang berorientasi ekonomi daerah yang meliputi 17 sektor ekonomi. 1) Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Ajaran Islam yang sebenar-benarnya. 2) Menguasai dan memahami ayat-ayat Al- Quran dan Al Hadits berkaitan dengan bidang kajian Ekonomi Pembangunan  yang difokuskannya. 3) Mampu Berkomunikasi  lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris dengan Baik.
Entreprenuer Ekonomi Pembangunan Mampu melakukan inovasi serta melihat peluang usaha ekonomi daerah dalam dunia usaha, menciptakan lapangan kerja secara mandiri serta mampu mengevaluasi bisnis dalam bidang sosial bisnis berbasis potensi daerah.
Official Government institution dan private institution Mampu  menjadi officer instansi pemerintahan dan swasta serta mampu menguasai konsep ekonomi perencanaan daerah untuk dapat melakukan pengawasan program perencanaan daerah.
Akademisi Mampu melakukan penelitian bidang ekonomi regional untuk menyelesaikan masalah ekonomi makro dengan bimbingan. Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip  ekonomi kedalam bentuk laporan.