Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau

Dekan : Zul Azmi, SE., M. Si. Ak.CA
Wakil Dekan : Neng Murialti, SE.,M.Si
Ketua Program Studi Akuntansi (S1) : Evi Marlina, SE., M.Ak
Ketua Program Studi Keuangan dan Perbankan (D3) : Siti Samsiah, SE., M.Ak
Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1) : Dwi Widiarsih, SE, M.Sc
Ketua Program Studi Manajemen (Si) : Wan Laura Hardilawati, SE., M.Si
Kepala Bagian Tata Usaha : Elya Deni, S.Pt
Tata Usaha : Lusi Delpayanti, S.Pd
Tata Usaha : Ahmad Kadir, S.IP
Tata Usaha : Beni Syahrial, SE

Sejarah Singkat Berdirinya Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi merupakan lembaga akademis yang mengkaji masalah Ekonomi serta berpikiran kritis dengan kemampuan menggali sumber sumber ekonomi dalam upaya mendukung usaha-usaha penerapan dan memahami berbagai kegiatan Ekonomi kontemporer.

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia berkualitas salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah dengan cara menciptakan tenaga-tenaga yang siap pakai di berbagai bidang usaha baik badan usaha pemerintah yang biasa dikenal dengan BUMN ataupun badan usaha milik swasta. Untuk menciptakan tenaga-tenaga yang siap pakai tersebut jalur pendidikan adalah langkah yang sangat tepat untuk menjawab tantangan tersebut.

Disamping itu sesuai dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat, maka kegiatan pengaturan dan kepemimpinan perekonomian sangat menentukan alur perekonomian tersebut. Dengan menjamurnya badan-badan usaha milik swasta di daerah ini untuk membantu badan usaha milik pemerintah yang sudah ada, merupakan alas an dasar yang sangat tepat untuk mendirikan satu lembaga pendidikan tinggi yang akan menciptakan tenaga-tenaga ahli di bidang ekonomi, keuangan dan perbankan di daerah ini.

Berdasarkan pemikiran tersebut Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau berusaha Mendirikan Akademi Keuangan dan Perbankan Muhammadiyah, dan dengan surat keputusan Mendikbud-Dirjen Pendidikan TInggi Nomor 053/D/O/1998 tanggal 5 November 1998 telah resmi berdiri dan diperbolehkan beroperasi, (cikal bakal berdirinya Fakultas Ekonomi UMRI ).

Visi

Menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bermarwah dan Bermartabat dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia yang menguasai Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dengan landasan Iman dan Taqwa di tahun 2025 di tingkat Nasional.

Adapun dari bermarwah, bermartabat, IPTEKS dan IMTAQ adalah :

Bermarwah : Bermakna Fakultas sebagai lembaga yang memiliki kualitas kepribadian yang menyebabkan fakultas mendapat penghormatan dan penghargaan dari masyarakat atau lembaga lainnya.

Bermartabat : Bermakna kehormatan yang harus dipertahankan secara konsisten oleh civitas akademika Fakultas dalam situasi dan kondisi apapun demi tegaknya prinsip dan keyakinan nilai-nilai islam dan kemuhammadiyahan.

IPTEKS : Fakultas wajib mengikuti dan ikut serta dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni.

IMTAQ : Sebagai bagian dari amal usaha Muhammadiyah, Fakultas berkewajiban menanamkan nilai-nilai Iman dan Ketaqwaan kepada seluruh civitas akademika berlandaskan Al Islam Kemuhammadiyahan.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan .
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan yang memiliki daya saing berlandaskan etika, nilai dan moral islami.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pengembangan keilmuan ekonomi terutama ekonomi dan pembangunan, dan ilmu akuntansi.
  4. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang ilmu Ekonomi, teknologi dan seni untuk kesejahteraan masyarakat.
  5. Menciptakan iklim kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya budaya mutu, pengembangan IPTEKS dan implementasi Iman dan Taqwa dengan menjalin kerjasama dengan instansi-instansi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.