Borong Juara, UMRI Sabet Peringkat 3 Dan Harapan 1 Lomba Stocklab Se-Riau

Pekanbaru (23/20/18) – Bagus Andi Kriswoyo dan Randi Afyan Perdana, dua orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI berhasil meraih juara 3 dan Harapan 1 pada Lomba Stocklab di ajang Investifal yang diselenggarakan oleh UIN SUSKA Riau Rabu (23 Oktober) lalu yang bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Mereka berhasil membuktikan kemampuannya untuk menjadi yang terbaik diantara 20 orang peserta lainnya dari perwakilan Galeri Investasi UMRI juga puluhan peserta lain dari universitas yang berbeda.

Persiapan sebelum lomba yang dilakukan tergolong singkat, hanya memanfaatkan waktu kurang lebih 1 minggu sebelum hari perlombaan. Randi, yang berhasil meraih harapan 1, menuturkan bahwa persiapan para peserta dari UMRI hanya memanfaatkan waktu luang diantara kelas selama seminggu tersebut. “Kalau latihannya, kami udah tahu permainan sama aturannya gimana” akunya. Terlebih lagi UMRI juga pernah menyelenggarakan kegiatan serupa beberapa waktu yang lalu dalam UMRI EXPO, “kebetulan saya sebagai tentor yang jelasin aturan dan cara mainnya” tambahnya.

Kegiatan lomba StockLab ini, menurutnya, memiliki banyak manfaat. “Dengan permainan stocklab ini kami bisa tahu istilah istilah dalam saham, bagaimana proses kita memilih saham, karna stocklab itu merupakan simulasi pasar modal dalam menggunakan media kartu” tuturnya. “selain dari saya dapat pengetahuan mengenai saham dan efek efeknya, saya juga bisa dapat pengalaman jadi tentor gitu bang, nah bagi saya itu sebuah pengalaman juga buat kedepannya” tambahnya. Senada dengan Randi, Bagus juga berpendapat “Tentu dengan diadakannya perlombaan stocklab ini memacu mahasiswa untuk lebih memperdalam teknik permainannya plus memberi gambaran juga ke generasi muda gimana sih pasar modal itu”.”Kita bisa ikut serta di dalamnya menjadi investor, dan bisa memilih memiliki perusahaan sehat dan berprospek baik” tambahnya.

Dalam hal ini, sebagai usaha dalam mengembangkan bakat dan karir mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau juga turut memberikan pengetahuan mengenai pasar modal. “Kartu – Kartu aksi dari stocklab itu kan berisi berbagai efek, yang sebelumnya sudah pernah di pelajari teorinya, kebetulan saya juga sedang mengambil mata kuliah manajemen investasi dan pasar modal” ujarnya. (LA)