STUDENT EXCHANGE RAJAMANGGALA UNIVERSITY OF TECHNOLOGY KRUNGTHEP INTERNATIONAL COLLEGE

STUDENT EXCHANGE RAJAMANGGALA UNIVERSITY OF TECHNOLOGY KRUNGTHEP INTERNATIONAL COLLEGE

Universitas Muhammadiyah Riau bekerjasama dengan Rajamanggala University Of Technology Krungthep (Thailand) membuka kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau untuk bergabung dalam program Student Exchange selama satu semester di Thailand. Ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Aktif FEB UMRI;
  2. Sehat jasmani dan rohani;
  3. Memiliki nilai TOEFL Minimal: 450;
  4. IPK Minimal 3,20;
  5. Belum pernah mengikuti program yang sama;
  6. Menulis esai dengan tema: “Mahasiswa FEB UMRI Siap Menjadi Global Citizen”;
  7. Berkomitmen mengikuti program exchange selama 1 semester;
  8. Bersedia mengikuti wawancara;
  9. Mengisi formulir dari TU atau Download Disini

Calon peserta diharap melengkapi persyaratan administratif berikut:

  1. Mengisi formulir yang sudah disediakan (Download atau minta di meja TU FEB)
  2. 1 lembar Fotocopy KTM
  3. 1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter
  4. 1 lembar pas foto terbaru ukuran 4×6
  5. Melampirkan nilai / Sertifikat TOEFL (Prediction TOEFL / TOEFL Like diperbolehkan) – jika ada;
  6. Curriculum Vitae (biodata) (Download);
  7. Surat Izin dari Orang Tua
  8. Surat kesediaan membayar uang kontribusi yang diketahui oleh Wali / Orang Tua (Download);
  9. Surat pernyataan belum pernah mengikuti program yang sama (Download);
  10. Surat rekomendasi dari Kepala Program Studi (Download).

Berkas administrasi dimasukkan dalam amplop dan dikumpulkan kepada TU FEB UMRI pada jam kerja, Selambatnya 11 Maret 2019.

 

 

Hadiri Rapat Koordinasi Fakultas dan Prodi, Ini Yang Diharapkan Rektor UMRI

Hadiri Rapat Koordinasi Fakultas dan Prodi, Ini Yang Diharapkan Rektor UMRI

Pekanbaru (16/01/10) – Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Mubarak, M.Si, ditemani oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, dan Wakil Rektor III menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Kerja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau hari Rabu lalu. Beliau menyempatkan hadir ditengah-tengah seluruh pejabat struktural, dosen, dan karyawan yang hadir pada kegiatan tersebut. Kegiatan dimulai di pagi hari dan berakhir ba’da Zuhur di hari yang sama. Acara dimulai dengan kajian agama singkat yang disampaikan oleh Isran Bidin, MA, yang merupakan salah satu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI, kemudian disambung dengan sambutan oleh Rektor UMRI.

 

Dalam sambutan awal, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Mubarak, M.Si, turut menyampaikan beberapa harapannya untuk fakultas yang dipandang penting dan sangat perlu untuk memajukan fakultas. Rektor memulai sambutannya dengan memberi selamat kepada seluruh anggota fakultas karena bersama-sama UMRI berhasil berada pada urutan ke 17 diantara lebih dari 150 universitas dan sekolah tinggi amal usaha Persyerikatan Muhammadiyah. Selanjutnya, rektor mengharapkan beberapa hal diantaranya diadakannya seminar nasional maupun internasional yang diinisiasi oleh program studi dan fakultas. Selain itu, diharapkan pula adanya pengembangan kualitas akademik, yang salah satunya ditandai oleh semakin banyaknya dosen yang melanjutkan pendidikan tingginya. Dalam akhir sambutan, rektor turut berharap fakultas akan semakin sering melakukan rapat internal, untuk menjaga koordinasi kerja masing-masing pihak sekaligus evaluasi kinerja fakultas.

 

Rapat koordinasi fakultas ini merupakan salah satu kegiatan penting fakultas dimana dekan fakultas menyampaikan program kerja fakultas serta target capainnya kepada  seluruh pejabat struktural serta dosen dan karyawan fakultas yang hadir pada kegiatan ini, dengan harapan seluruh pihak yang ada di dalam fakultas akan bekerja sesuai dengan program dan target capaian kerja, mengetahui tugas masing-masing, dan bekerja berjalan beriringan untuk saling membantu dalam mencapai program kerja tahunan.

 

 

FEB UMRI melaksanakan FGD RPS Matakuliah

Pekanbaru (23/12/18) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI menjadi tempat pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) RPS matakuliah Ekonomi pada hari Sabtu (22 Desember) yang lalu. Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan dari Universitas Al Washliyah Sumatera Utara dan pimpinan STIE Mahaputra Riau. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud tindak lanjut kerjasama antar fakultas sekaligus pembahasan mengenai RPS mata kuliah.

 

Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini peserta bersama-sama mendiskusikan sekaligus mengembangkan kandungan isi RPS dengan tetap mengacu pada KKNI standar nasional perguruan tinggi (SNPT). Pertemuan antar dosen pada FGD ini selain menjalin silaturrahmi juga berguna meningkatkan bentuk bentuk kerjasama.

Memahami Ekonomi Syariah Dalam Perspektif Berbeda

Pekanbaru (23/12/18) – Dalam rangka meningkatkan literasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau, fakultas menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum Ekonomi Syariah bersama Dr. Ali Amin pada hari Sabtu (22 Desember) lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen juga mahasiswa dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Perbankan. Pentingnya pemahaman ekonomi syariah dalam perspektif berbeda yang dikaitkan dengan pola behavioral menjadi topik bahan DR. Aliamin pada acara tersebut, yang mana kegiatan ini disambut baik dan menghadirkan antusiasme peserta yang tinggi. Kegiatan ini merupakan wujud dari keinginan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI agar mahasiswanya tidak hanya memahami materi melalui mata kuliah yang diajarkan di kelas, tetapi juga melalui forum diskusi, kuliah umum, seminar, workshop, pengajian, penelitian dan sebagainya.

 

Melalui kegiatan-kegiatan serupa lainnya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Zul Azmi, SE., MSi., AK., CA turut menyelipkan harapan dan sekaligus mendukung dan mendorong seluruh pihak agar event ekonomi syariah, akuntansi syariah, perbankan syariah dan lainnya yang berkait dengan nilai nilai Al islam untuk di giatkan di seluruh program studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI.

Wisuda UMRI Ke-XV, Muhammadiyah komitmen menghasilkan SDM yang berkualitas

Wisuda UMRI Ke-XV, Muhammadiyah komitmen menghasilkan SDM yang berkualitas

Pekanbaru (27/10/2018)-dalam usaha melahirkan sumber daya manusia baru, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) kembali mengukuhkan 285 lulusan untuk program D3 dan S1 pada periode Oktober 2018.  Prosesi wisuda ini menjadi bukti keseriusan UMRI dalam mengelola amal usaha pendidikan dibawah Perserikatan Muhammadiyah wilayah Riau.

Seperti biasa, wisuda UMRI dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat yang menjadi stakeholders dilingkungan kampus umri. Beberapa tokoh penting yang turut hadir pada wisuda kali ini diantaranya, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) wilayah Riau, pemerintah Provinsi Riau yang diwakilkan oleh Balitbang ibu Nur Baity, kemudian Lembaga Layanan DIKTI wilayah X Prof DR Herri, MBA dan Balitbang PP Muhammadiyah Prof.DR. Nur Rochman SU.

Dalam sambutannya, Rektor UMRI menyampaikan bahwa kelulusan yang didapat hari ini menjadi pembuka kehidupan nyata pada dasarnya, “silahkan berbahagia tapi jangan berbangga, saya berharap anak-anak yang lulus ini tidak mudah puas dengan pencapaian yang ada, asah terus kualitas diri anda sebagai bekal memenangkan masa depan” pesan Rektor. Dihadapan tamu undangan Rektor menyampaikan pesan optimis bahwa kualitas SDM Muhammadiyah dapat diperhitungkan.  Diakhir sambutan, Rektor berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas lulusan UMRI guna menjawab kebutuhan dan peluang serta tantangan dunia pekerjaan kedepan.

Sikap optimisme Rektor diatas diamini oleh Balitbang Pemprov Riau dimana lulusan Muhammadiyah sudah mengisi ruang sumber daya manusia diwilayah Provinsi Riau. Lebih lanjut, Nur Baity mengucapkan terima kasih kepada Univeristas Muhammadiyah Riau atas kontribusinya sejak 2008 dalam usaha memajukan pendidikan di Provinsi Riau, “UMRI adalah salah satu kampus besar di Riau, sudah membantu pemerintah dalam mengahasilkan SDM yang berkualitas, semoga UMRI semakin maju dan berkembang dan menjadi kebanggaan kita semua” pesan penutup sambutannya.

Pandangan optimisme juga disampiaikan oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah yang diwakili oleh Balitbang Prof. DR. Nur Rochman, SU dimana beliau melihat Riau memiliki potensi besar dibidang SDM, tugas kita adalah pada bagaimana mencetaknya menjadi SDM yang betul-betul berkualitas. Kampus adalah salah satu lembaga yang berperan penting dalam menghasilkan SDM tersebut, dan UMRI telah menjalankan amanah itu.

Kualitas UMRI dalam mengelola lembaga pendidikan dibuktikan dengan Akreditasi Institusi sudah B, begitu juga akreditasi setiap jurusan sudah mendapat B, namun usaha untuk meningkatkan akreditasi menjadi A selalu digalakkan, sarana prasarana terus dikembangkan, kualitas dan kuantitas dosen terus ditambah, kurikulum terus dibenahi dan pelayan terus ditingkatkan. Hingga saat ini, Universitas Muhammadiyah Riau masih mengembangkan diri menuju kampus unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa.