FEB Selanggarakan Seminar Bertema “Ekonomi Inklusif Dalam Menyongsong Era Industri 5.0”

FEB Selanggarakan Seminar Bertema “Ekonomi Inklusif Dalam Menyongsong Era Industri 5.0”

Senin, 04/03/19 – Bertempat di Auditorium lantai 3 Kampus utama universitas Muhammadiyah Riau, Fakultas ekonomi dan bisnis UMRI menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “ekonomi inklusif dalam menyongsong era industri 5.0”. Kegiatan seminar ini menghadirkan para pakar di bidangnya yaitu Prof Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Antoni, ME. Ph.D (Universitas Bung Hatta), Dr. Firdaus AR, SE., M.Si., Ak. CA (universitas Islam Riau) dan dimoderatori oleh Mizan Asnawi SE. M.Ec.Dev (Ekonom UMRI). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh kampus UMRI untuk meningkatkan dan menumbuhkan daya kritis berfikir mahasiswa UMRI terhadap isu-isu ekonomi di negara ini. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk promosi UMRI untuk menjadi kampus masa depan yang dikenal masyarakat luas. Hal ini karena seminar nasional ini dihadiri oleh kalangan umum dan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Riau. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FEB UMRI

Universitas Muhammadiyah Riau Bekerjasama Dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Menyelenggarakan “WORKSHOP PENYUSUNAN SOP DAN EXCELLENT SERVICE BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN”

Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) kembali mengadakan kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Selama 3 hari,  pada tanggal 2-4 Maret 2019, UMRI menugaskan  41 orang tenaga kependidikan (Tendik) untuk mengikuti workshop penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan excellent service yang dilaksanakan di Kabupaten Siak, Riau. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih seluruh tendik yang ada di UMRI, untuk  menyusun SOP dan menanamkan komitmen untuk melaksanakannya dengan benar. Selain menyusun SOP, tendik juga diberikan pemahaman tentang excellent service yang sangat dibutuhkan untuk melayani seluruh Stake holder. Dalam pembukaannya, Rektor UMRI, Dr. H. Mubarak M.Si, menyampaikan bahwa tenaga kependidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga mutu pendidikan, tendik bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang penyelenggaraan proses pendidikan. “UMRI memiliki target dalam empat tahun ke depan memperoleh Akreditasi Institusi A, untuk itu melalui workshop ini, tendik harus mampu mendukung agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai,” ujar Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si.

     

Workshop ini menghadirkan narasumber dari Majelisdikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah yaitu Ahmad Muttaqin, Ph.D, Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag.,M.Pd, dan Munawar Khalil, SS.,M.Ag. Dalam kesempatan ini, Ahmad Muttaqin juga menjelaskan tentang 9 sikap ihsan dalam bekerja yang harus dimiliki oleh tendik UMRI yaitu niat kerja untuk ibadah, husnudzan/positive thinking, khoirunnaasi anfa’uhum linnas, do the best, lakukan pekerjaan melebihi standar, bekerja secara proporsional dan seimbang, kerja sama, syukuri profesi yang sedang dijalani dan selalu mengambil hikmah dari setiap peristiwa.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dimulai sebelum subuh dengan kegiatan Qiamullail bersama, outbond dan workshop hingga malam hari dan seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. (disadur dari umri.ac.id)

    

STUDENT EXCHANGE RAJAMANGGALA UNIVERSITY OF TECHNOLOGY KRUNGTHEP INTERNATIONAL COLLEGE

STUDENT EXCHANGE RAJAMANGGALA UNIVERSITY OF TECHNOLOGY KRUNGTHEP INTERNATIONAL COLLEGE

Universitas Muhammadiyah Riau bekerjasama dengan Rajamanggala University Of Technology Krungthep (Thailand) membuka kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau untuk bergabung dalam program Student Exchange selama satu semester di Thailand. Ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Aktif FEB UMRI;
  2. Sehat jasmani dan rohani;
  3. Memiliki nilai TOEFL Minimal: 450;
  4. IPK Minimal 3,20;
  5. Belum pernah mengikuti program yang sama;
  6. Menulis esai dengan tema: “Mahasiswa FEB UMRI Siap Menjadi Global Citizen”;
  7. Berkomitmen mengikuti program exchange selama 1 semester;
  8. Bersedia mengikuti wawancara;
  9. Mengisi formulir dari TU atau Download Disini

Calon peserta diharap melengkapi persyaratan administratif berikut:

  1. Mengisi formulir yang sudah disediakan (Download atau minta di meja TU FEB)
  2. 1 lembar Fotocopy KTM
  3. 1 lembar Surat Keterangan Sehat dari dokter
  4. 1 lembar pas foto terbaru ukuran 4×6
  5. Melampirkan nilai / Sertifikat TOEFL (Prediction TOEFL / TOEFL Like diperbolehkan) – jika ada;
  6. Curriculum Vitae (biodata) (Download);
  7. Surat Izin dari Orang Tua
  8. Surat kesediaan membayar uang kontribusi yang diketahui oleh Wali / Orang Tua (Download);
  9. Surat pernyataan belum pernah mengikuti program yang sama (Download);
  10. Surat rekomendasi dari Kepala Program Studi (Download).

Berkas administrasi dimasukkan dalam amplop dan dikumpulkan kepada TU FEB UMRI pada jam kerja, Selambatnya 11 Maret 2019.

 

 

FEB UMRI melaksanakan FGD RPS Matakuliah

Pekanbaru (23/12/18) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI menjadi tempat pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) RPS matakuliah Ekonomi pada hari Sabtu (22 Desember) yang lalu. Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan dari Universitas Al Washliyah Sumatera Utara dan pimpinan STIE Mahaputra Riau. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud tindak lanjut kerjasama antar fakultas sekaligus pembahasan mengenai RPS mata kuliah.

 

Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini peserta bersama-sama mendiskusikan sekaligus mengembangkan kandungan isi RPS dengan tetap mengacu pada KKNI standar nasional perguruan tinggi (SNPT). Pertemuan antar dosen pada FGD ini selain menjalin silaturrahmi juga berguna meningkatkan bentuk bentuk kerjasama.

Memahami Ekonomi Syariah Dalam Perspektif Berbeda

Pekanbaru (23/12/18) – Dalam rangka meningkatkan literasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau, fakultas menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum Ekonomi Syariah bersama Dr. Ali Amin pada hari Sabtu (22 Desember) lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen juga mahasiswa dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Perbankan. Pentingnya pemahaman ekonomi syariah dalam perspektif berbeda yang dikaitkan dengan pola behavioral menjadi topik bahan DR. Aliamin pada acara tersebut, yang mana kegiatan ini disambut baik dan menghadirkan antusiasme peserta yang tinggi. Kegiatan ini merupakan wujud dari keinginan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI agar mahasiswanya tidak hanya memahami materi melalui mata kuliah yang diajarkan di kelas, tetapi juga melalui forum diskusi, kuliah umum, seminar, workshop, pengajian, penelitian dan sebagainya.

 

Melalui kegiatan-kegiatan serupa lainnya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Zul Azmi, SE., MSi., AK., CA turut menyelipkan harapan dan sekaligus mendukung dan mendorong seluruh pihak agar event ekonomi syariah, akuntansi syariah, perbankan syariah dan lainnya yang berkait dengan nilai nilai Al islam untuk di giatkan di seluruh program studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI.