FEB UMRI melaksanakan FGD RPS Matakuliah

Pekanbaru (23/12/18) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI menjadi tempat pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) RPS matakuliah Ekonomi pada hari Sabtu (22 Desember) yang lalu. Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan dari Universitas Al Washliyah Sumatera Utara dan pimpinan STIE Mahaputra Riau. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud tindak lanjut kerjasama antar fakultas sekaligus pembahasan mengenai RPS mata kuliah.

 

Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini peserta bersama-sama mendiskusikan sekaligus mengembangkan kandungan isi RPS dengan tetap mengacu pada KKNI standar nasional perguruan tinggi (SNPT). Pertemuan antar dosen pada FGD ini selain menjalin silaturrahmi juga berguna meningkatkan bentuk bentuk kerjasama.

Memahami Ekonomi Syariah Dalam Perspektif Berbeda

Pekanbaru (23/12/18) – Dalam rangka meningkatkan literasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau, fakultas menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum Ekonomi Syariah bersama Dr. Ali Amin pada hari Sabtu (22 Desember) lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen juga mahasiswa dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Perbankan. Pentingnya pemahaman ekonomi syariah dalam perspektif berbeda yang dikaitkan dengan pola behavioral menjadi topik bahan DR. Aliamin pada acara tersebut, yang mana kegiatan ini disambut baik dan menghadirkan antusiasme peserta yang tinggi. Kegiatan ini merupakan wujud dari keinginan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI agar mahasiswanya tidak hanya memahami materi melalui mata kuliah yang diajarkan di kelas, tetapi juga melalui forum diskusi, kuliah umum, seminar, workshop, pengajian, penelitian dan sebagainya.

 

Melalui kegiatan-kegiatan serupa lainnya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Zul Azmi, SE., MSi., AK., CA turut menyelipkan harapan dan sekaligus mendukung dan mendorong seluruh pihak agar event ekonomi syariah, akuntansi syariah, perbankan syariah dan lainnya yang berkait dengan nilai nilai Al islam untuk di giatkan di seluruh program studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI.

Wisuda UMRI Ke-XV, Muhammadiyah komitmen menghasilkan SDM yang berkualitas

Wisuda UMRI Ke-XV, Muhammadiyah komitmen menghasilkan SDM yang berkualitas

Pekanbaru (27/10/2018)-dalam usaha melahirkan sumber daya manusia baru, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) kembali mengukuhkan 285 lulusan untuk program D3 dan S1 pada periode Oktober 2018.  Prosesi wisuda ini menjadi bukti keseriusan UMRI dalam mengelola amal usaha pendidikan dibawah Perserikatan Muhammadiyah wilayah Riau.

Seperti biasa, wisuda UMRI dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat yang menjadi stakeholders dilingkungan kampus umri. Beberapa tokoh penting yang turut hadir pada wisuda kali ini diantaranya, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) wilayah Riau, pemerintah Provinsi Riau yang diwakilkan oleh Balitbang ibu Nur Baity, kemudian Lembaga Layanan DIKTI wilayah X Prof DR Herri, MBA dan Balitbang PP Muhammadiyah Prof.DR. Nur Rochman SU.

Dalam sambutannya, Rektor UMRI menyampaikan bahwa kelulusan yang didapat hari ini menjadi pembuka kehidupan nyata pada dasarnya, “silahkan berbahagia tapi jangan berbangga, saya berharap anak-anak yang lulus ini tidak mudah puas dengan pencapaian yang ada, asah terus kualitas diri anda sebagai bekal memenangkan masa depan” pesan Rektor. Dihadapan tamu undangan Rektor menyampaikan pesan optimis bahwa kualitas SDM Muhammadiyah dapat diperhitungkan.  Diakhir sambutan, Rektor berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas lulusan UMRI guna menjawab kebutuhan dan peluang serta tantangan dunia pekerjaan kedepan.

Sikap optimisme Rektor diatas diamini oleh Balitbang Pemprov Riau dimana lulusan Muhammadiyah sudah mengisi ruang sumber daya manusia diwilayah Provinsi Riau. Lebih lanjut, Nur Baity mengucapkan terima kasih kepada Univeristas Muhammadiyah Riau atas kontribusinya sejak 2008 dalam usaha memajukan pendidikan di Provinsi Riau, “UMRI adalah salah satu kampus besar di Riau, sudah membantu pemerintah dalam mengahasilkan SDM yang berkualitas, semoga UMRI semakin maju dan berkembang dan menjadi kebanggaan kita semua” pesan penutup sambutannya.

Pandangan optimisme juga disampiaikan oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah yang diwakili oleh Balitbang Prof. DR. Nur Rochman, SU dimana beliau melihat Riau memiliki potensi besar dibidang SDM, tugas kita adalah pada bagaimana mencetaknya menjadi SDM yang betul-betul berkualitas. Kampus adalah salah satu lembaga yang berperan penting dalam menghasilkan SDM tersebut, dan UMRI telah menjalankan amanah itu.

Kualitas UMRI dalam mengelola lembaga pendidikan dibuktikan dengan Akreditasi Institusi sudah B, begitu juga akreditasi setiap jurusan sudah mendapat B, namun usaha untuk meningkatkan akreditasi menjadi A selalu digalakkan, sarana prasarana terus dikembangkan, kualitas dan kuantitas dosen terus ditambah, kurikulum terus dibenahi dan pelayan terus ditingkatkan. Hingga saat ini, Universitas Muhammadiyah Riau masih mengembangkan diri menuju kampus unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa.

Mahasiswa Akuntansi UMRI borong gelar juara di Lomba Artikel Pajak pada Pekan Iklusi oleh DJP Kanwil Riau.

Mahasiswa Akuntansi UMRI borong gelar juara di Lomba Artikel Pajak pada Pekan Iklusi oleh DJP Kanwil Riau.

(Pekanbaru, Rabu 7/11/2018) Perhelatan pekan Inklusi Pajak dengan tema Inklusi Pajak Generasi Muda yang diselenggarakan di Mall SKA berjalan dengan sukses. Kegiatan ini menyasar seluruh kalangan mulai dari anak-anak TK hingga mahasiswa dan umum turut menyemarakkan kegiatan ini.

 

Acara yang berlangsung sejak pukul 13.00 wib ini menyediakan berbagai perlombaan. Ada lomba mewarnai, menggambar, cipta dan baca puisi, vlog pajak, akustik, rangking satu dan juga artikel pajak.

 

Artikel pajak dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk tingkat SMA sederajat dan perguruan tinggi dimana masing2 juara mendapatkan hadiah mulai dari 1 juta rupiah.

 

Dan hal yang patut kita apresiasi adalah mahasiswa Akuntansi UMRI berhasil menyabet keseluruhan juara artikel tingkat Perguruan Tinggi dengan Zulnanda dan Tim sebagai juara 1 yang mana mewakili Divisi Psdm Himadiksi UMRI, kemudian Santi Mustika berada di peringkat kedua dan Mila Ismi dan Tim yang mewakili Divisi Pendidikan Himadiksi menempati posisi ketiga.

 

Selamat kepada seluruh pemenang, teruslah berkarya dan berikan yang terbaik!

UMRI HEBAT!!! (SK)

KSPM UMRI Goes to School Part II- Goes to SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru

KSPM UMRI Goes to School Part II- Goes to SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Salam Mahasiswa!
Apa kabar semuanya? Masih semangat hingga hari ini?
Yang semester awal, masih anget-anget dan harus tetep semangat.
Yang semester akhir, masih semangat untuk berjuang mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi-nya? Harus dong, ya!
Jangan lupa, proposal dan skripsinya yah, hehehe.

Oh iya, Jum’at 19 Oktober 2018 lalu, KSPM UMRI kembali mengadakan KSPM Goes to School Part II yang kali ini dilaksanakan di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Untuk KSPM GTS Part II ini, kita menambahkan kegiatan dengan mengadakan simulasi Stocklab di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Sasaran kegiatan KSPM GTS kali ini pun berbeda, yaitu hanya Siswa/i jurusan Akuntansi saja.

“KSPM GTS Part II mungkin memiliki sasaran yang sedikit berbeda dari KPSM GTS Part I yang lalu, tetapi masih memiliki tujuan yang sama. Hal ini dikarenakan di dalam kegiatan kita ada simulasi stocklab, makanya kita khususkan untuk KSPM GTS part Ibnu Taimiyah ini kpd Siswa/i jurusan Akuntansi saja karena sudah lebih memahami istilah-istilah dalam pasar modal, setidaknya mengetahui apa itu Akuisisi, Merger dan lain-lain. Saya berharap ilmu yang kita salurkan ini dapat bermanfaat dan memotivasi adik-adik kedepannya, walaupun ilmu yang kita berikan belum terlalu banyak.” Tutur Tedi Setiawan (Akuntansi,2016) selaku Ketua Pelaksana KSPM Goes To School part II road to SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru.